Sunday, May 14, 2017

Apakah efek dari memutihkan gigi atau bleaching gigi

google.com
Sebagian besar orang menganggap penampilan adalah hal yang sangat penting,salah satu cara engan memutihkan giginya. Telah banyak penjual obat pemutih gigi yang menyatakan bahwa produk tersebut ampuh untuk memutihkan gigi, entah itu dalam bentuk pasta gigi, strip, atau bahkan ke klinik kecantikan. Namun apakah memutihkan gigi aman? Ataukah menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama kesehatan mulut.

pemutihan gigi yang dilakukan di tempat praktek Dokter Gigi, termasuk tindakan pemutihan gigi vital ekstrakorona atau disebut juga in-office bleaching. Pada tindakan ini, bahan pemutih gigi diletakkan di permukaan luar email gigi. Bahan yang paling umum digunakan untuk tindakan ini adalah hidrogen peroksida 30-35%. Setelah bahan pemutih diaplikasikan, proses selanjutnya adalah dilakukan pemanasan, penyinaran, kombinasi pemanasan-penyinaran, atau sama sekali tidak menggunakan pemanasan-penyinaran.

Tentu saja pemutihan gigi ada manfaatnya, yaitu untuk menanggurangi pewarnaan pada gigi, dan membuat gigi anda berwarna lebih cerah atau berwarna hampir putih dengan menggunakan bahan kimia.ada baiknya Sebelum memutuskan untuk melakukan bleaching, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu agar kondisi gigi dapat diperiksa dan dilakukan perawatan awal.

Hal yang penting untuk diketahui sebelum melakukan pemutihan gigi/bleaching



  • Bila bleaching dilakukan secara berlebihan maka akan mencapai titik saturasi. Bila titik ini mencapai batasnya atau berlebihan maka akan membuat gigi menjadi rusak. 
  • Pemutihan gigi tidak bereaksi untuk semua gigi,Tidak semua gigi bisa di putihkan dengan cara di bleaching. Gigi dengan tetracycline stain berat mungkin warnanya bisa lebih terang tapi garis khas yang terlihat di permukaan gigi yang berubah warna akibat antibiotik ini tidak akan dapat dihilangkan. Gigi dengan fluorosis berat juga tidak dapat diperbaiki dengan bleaching. Pada keadaan tersebut dokter gigi akan menjelaskan hasil dari bleaching untuk kondisi seperti ini, dan memberi alternatif perawatan lain seperti pembuatan mahkota tiruan atau dengan restorasi lain seperti labial veneer.
  • Hasil dari perawatan bleaching bersifat sementara. gigi mungkin akan menguning kembali, Pola makan dan minum serta penjagaan kebersihan mulut sangat mempengaruhi efek jangka panjang dari perawatan bleaching. Setelah beberapa lama, perawatan bleaching dapat kembali dilakukan.


Efek samping dari memutihkan gigi atau bleaching gigi




  • Nyeri setelah prosedur (pulpalgia)
  • Gejala nyeri yang terus-menerus, dapat terjadi selama atau setelah prosedur dan menetap selama 24-48 jam. Intensitas pulpalgia berkaitan dengan durasi dan temperatur prosedur. Jika sensitif terhadap rasa dingin berlanjut, gunakanlah fluor topikal (yang dioles) dan pasta gigi pengurang sensitif.


  • Kerusakan pulpa atau ruang saraf pada gigi
  • Walaupun beberapa peneliti tidak menemukan efek yang signifikan pada pulpa, prosedur pemutihan harus dilakukan hati-hati. Sebaiknya tindakan pemutihan tidak dilakukan pada rongga mulut yang memiliki gigi berlubang, dentin yang terbuka atau yang sudah dekat tanduk pulpa. Oleh karena itu, semua tambalan yang tidak baik harus diganti dulu dan gigi dengan tambalan yang besar merupakan kontraindikasi untuk tindakan pemutihan gigi.


  • Kerusakan jaringan keras gigi
  • Hidrogen peroksida dapat menyebabkan kerusakan morfologi dan struktur pada email, dentin, dan sementum menyebabkan jaringan keras gigi menjadi lebih mudah rusak dan dapat menyebabkan lubang gigi baru.


  • Kerusakan mukosa
  • Dapat terjadi ketika bahan pemutih berkontak dengan jaringan pada rongga mulut. Dapat timbul ulserasi dan sloughing karena adanya gelembung oksigen di jaringan. Umumnya jaringan akan terlihat berwarna putih tapi tidak akan meninggalkan jaringan parut. Pencegahannya adalah mengaplikasikan krim pelindung atau katalase, dan bila terjadi kerusakan mukosa, bilas dengan air yang banyak sehingga warna putihnya mereda.

    Tenang tidak usah khawatir,karena Dokter Gigi dapat melakukan tindakan pencegahan terjadinya efek samping. Misalnya pengaplikasian krim pelindung gusi selama prosedur pemutihan gigi, penggunaan bahan pemutih gigi dengan kandungan yang aman, dan menggunakan karet pelindung gigi dan gusi. Sedangkan pencegahan terjadinya kerusakan email setelah tindakan pemutihan gigi, antara lain menggunakan bahan pemutih gigi dengan kandungan yang aman, serta mengaplikasikan fluor untuk mengembalikan mineral-mineral gigi yang hilang.

    0 comments

    Post a Comment

    Nulis Kode
    KODE
    Jika ingin memasukan gambar gunakan tag
    [img]url gambar[/img]
    Jika Video
    [youtube]URL Video[/youtube]
    Jika kata - kata mutiara gunakan
    [blockquote]Kata-kata Anda[/blockquote]
    Emoticon
    :) :( =( ^_^ :'( =D T_T :Q @@ :P \o/ \m/ <3 0:) ^o^ :-bd :-d :-a (y)
    Convert Code

    Iklan Tengah Post