Monday, May 15, 2017

Manfaat kentang dengan seribu gizi

Sejarah kentang

kentang berasal dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Menurut sejarahnya, kentang berasal dari lembah-lembah dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. Semenjak itu, kentang dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger. Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal dan dijual di Kedu. Sedangkan, di Sumatera tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, 1811. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai.

Kandungan gizi kentang

Kandungan gizi kentang sebenarnya ada banyak sekali. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahui hal ini. Oleh karena itu bagi Anda yang belum mengetahui apa saja nutrisi penting dalam kentang, beriku sedikit manfaat atau kandungan dari kentang :

1. Mengenyangkan

Perlu diketahui bahwa kentang menjadi makanan nomor tiga yang paling mengenyangkan saat disantap. Hal ini karena kentang mengandung karbohidrat kompleks. Manfaat kentang untuk diet juga terbilang cukup signifikan dalam menurunkan berat badan. Maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai menu utama diet jika dibandingkan nasi dan lainnya.

2. Kaya Mineral

Kentang juga kaya mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa mineral yang terkandung di dalamnya antara lain zat besi, magnesium, potasium, kalsium, copper, fosfor dan zinc. Kelompok mineral ini memiliki peranan penting untuk menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik.

3. Kaya Vitamin B

Kandungan gizi pada kentang selanjutnya adalah vitamin B. Sama seperti vitamin lainnya, vitamin B juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat vitamin B antara lain untuk metabolisme DNA dan protein, pembaharuan dan regenerasi sel serta produksi energi. Meskipun tidak mengandung vitamin B kompleks, kandungan gizi vitamin B cukup banyak. Seperti vitamin B6, vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B4 (choline). Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat. Sedangkan cholin berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

4. Kaya Vitamin C

Dalam satu butir kentang berukuran sedang mengandung 40 mg vitamin C. Ketika di masak, vitamin C yang terkandung pada kentang akan berkurang 30 persen dan hanya tersisa 15 mg. Meskipun berkurang, kandungan vitamin C yang masih tersisa masih bisa memenuhi kebutuhan vitamin C Anda.

5. Protein Lengkap

Kentang ukuran medium memiliki 4 gram protein yang dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhan protein harian. Tak hanya itu saja, protein yang terkandung dalam kentang mengandung 9 asam amino essensial yang sangat bermanfaat unruk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

6. Mengandung Enzim

Perlu diketahui bahwa kentang yang dimasak dan kemudian didinginkan akan membentuk amylose. Amylose merupakan enzim yang sulit dicerna lambung dan makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar. Bakteri baik yang ada di usus akan mencerna amylose dan memproduksi butyrate. Butyrate yaitu jenis asam lemak yang menutrisi sel-sel pelapis usus besar, dan melindungi usus dari racun-racun agar tidak mendekati aliran darah. Butyrate juga dapat mencegah terjadinya peradangan, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh serta sensitivitas insulin.
Tahukah Anda jika kulit kentang mengandung zat besi yang tinggi jika dibandingkan dengan dagingnya. Hal ini dijelaskan oleh Kanchan Koya, Ph.D., doktor Molecular Biology dari Harvard Medical School.
Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasak kentang dengan kulitnya, baik direbus, tumis, kukus ataupun di panggang.

Sumber : Kaskus.co.id

0 comments

Post a Comment

Nulis Kode
KODE
Jika ingin memasukan gambar gunakan tag
[img]url gambar[/img]
Jika Video
[youtube]URL Video[/youtube]
Jika kata - kata mutiara gunakan
[blockquote]Kata-kata Anda[/blockquote]
Emoticon
:) :( =( ^_^ :'( =D T_T :Q @@ :P \o/ \m/ <3 0:) ^o^ :-bd :-d :-a (y)
Convert Code

Iklan Tengah Post